UTS “Manajemen Strategi”

Nama             : Annisa Rahmawati

NIM               : 01209090

1)      Apa yang saudara ketahui tentang visi,misi dan tujuan dan bagaimana peranannya dalam keberhasilan suatu strategi  dalam proses manajemen strategi, jelaskan dan beri contoh ?

Jawab :

Manajemen strategis adalah proses merumuskan dan mengimplementasikan strategi untuk mewujudkan visi secara terus menerus secara terstruktur. Strategi adalah pola tindakan terpilih untuk mencapai tujuan tertentu. Manajemen strategis tetap diperlukan karena perusahaan dituntut untuk berkembang secara terencana dan terukur, sehingga memerlukan peta perjalanan menghadapi masa depan yang tidak pasti, memerlukan langkah-langkah strategis, dan perlu  mengarahkan kemampuan dan komitmen SDM untuk mewujudkan tujuan perusahaan. Tanpa visi dan misi, sebuah organisasi bagaikan berjalan tanpa tujuan yang jelas. Tanpa visi dan misi yang kuat akan menyebabkan organisasi tersebut berada dalam keadaan yang tidak terkontrol dan tidak terarah.

Contoh:

Membuat, mendistribusikan, dan menjual eskrim alami dengan kualitas terbaik dan produk-produk yang berhubungan dengan variasi luas dari rasa yang inovatif yang dibuat dari produk susu Vermont. Untuk mengoperasikan perusahaan dengan basis finansial yang baik untuk pertumbuhan laba, meningkatkan nilai pemegang saham kami, serta menciptakan peluang karier dan penghargaan finansial bagi karyawan kami. Untuk mengoperasikan perusahaan yang secara aktif mengakui peran penting yang dimainkan perusahaan dalam struktur masyarakat dengan melakukan cara inovatif untuk memperbaiki kualitas hidup dari komunitas yang luas-lokal, nasional, dan internasional

2)      Jelaskan bagaimana sebuah tujuan perusahaan itu harus disusun agar dapat efektif dan efisien dan beri contoh?

Jawab :

Perusahaan mempunyai tujuan utama yaitu untuk menghasilkan laba, agar kelangsungan hidup perusahaan dapat dipertahankan. Dalam pertumbuhan dan perkembangan perusahaan, dewasa ini mengalami persaingan yang semakin ketat, baik bagi perusahaan industri maupun perusahaan jasa. Untuk memenangkan persaingan yng semakin pesat, perusahaan dituntut agar seefektif dan seefisien mungkin mengelola dan mempergunakan sumber daya yang ada pada perusahaan. Dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan perusahaan, maka kegiatan dalam perusahaan akan bertambah baik, baik jenis kegiatan maupun volume kegiatan yang dilaksanakan. Agar kegiatan dalam perusahaan dapat meningkatkan efektifitas dan efesiensi perusahaan harus membuat perencanaan kerja, perencanaan biaya dan berbagai teknik lain yang lebih mantap dan lebih rasional.

3)      Jelaskan strategi generik M.Porter yang diterapkan oleh suatu perusahaan dan bagaimana daya saingnya terhadap para pesaing terdekarnya ! dan beri contoh kasus di perusahaan

Jawab :

Dalam analisanya tentang strategi bersaing (competitive strategy atau disebut juga Porter’s Five Forces) suatu perusahaan, Michael A. Porter mengintrodusir 3 jenis strategi generik, yaitu: Keunggulan Biaya (Cost Leadership), Pembedaan Produk (Differentiation), dan Focus.

Sebagai contoh dalam dunia perbankan, Bank-bank yang unggul dalam jangka panjang adalah bank yang menekankan pada cost leadership. Artinya layanannya murah, bunga pinjamannya murah. Bank-bank murah itu ternyata jauh lebih unggul dibanding bank yang memakai strategi gado-gado atau istilahnya stuck-in-the-middle. Namun bank yang stuck-in-the-middle (strategi berupa mengikuti strategi para pesaingnya saja) ini ternyata masih lebih unggul dibanding bank yang memilih salah satu strategi apakah diferensiasi atau focus.Hal memberi informasi, pada industri perbankan ternyata sangat sulit mengajak nasabah untuk membayar lebih agar mendapat pelayanan yang lebih bervariasi, yang lebih tinggi. Mereka inginnya mendapat bunga yang rendah ketika akan pinjam uang. Bahkan kenyamanan yang ditingkatkan, satpam yang ramah, pegawai yang cantik-cantik ternyata tidak mampu mendongkrak kinerja keuangan dalam jangka panjang

4)      Saat ini Anda merupakan konsumen dari Universitas Narotama, tindakan apa yang telah diambil oleh Univ.Narotama untuk mengerti apa kebutuhan dan keinginan saudara, strategi tingkat bisinis ( M.Porter)  apa yang harusnya diterapkan, dan kompetensi inti apa yang digunakan untuk menerapkan strategi tersebut ?

Jawab :

•Melakukan analisis situasi, evaluasi diri dan analisis pesaing: baik internal maupuneksternal; baik lingkungan mikro maupun makro.

 •Bersamaan dengan penaksiran tersebut, tujuan dirumuskan. Tujuan ini harus bersifat paralel dalam rentang jangka pendek dan juga jangka panjang.

5)      Susunlah manajemen strategik di perusahan Anda atau beri contoh kasus penyusunan strategi yang Anda ketahui :

1.      Visi.

2.      Misi.

3.      Tujuan

4.      SWOT Analisis :

a.      IFAS

b.      EFAS

5.      Diagram SWOT dan Matrik SWOT

Jawab :

Visi

Menjadi perguruan tinggi dengan reputasi internasional dalam ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, terutama yang menunjang industri dan kelautan yang berwawasan lingkungan.

Misi

Memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni untuk kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan-kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pengelolaan sistem berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

 1. Pendidikan

◦Menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan kurikulum, dosen, dan metode pembelajaran berkualitas internasional

 ◦Menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta memiliki moral dan budi pekerti yang luhur

 ◦Membekali lulusannya dengan pengetahuan technopreneurship

2.Penelitian

 ◦Berperan secara aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni terutama di bidang kelautan, permukiman dan energi yang berwawasan lingkungan melalui kegiatan penelitian yang berkualitas internasional.

 3.Pengabdian Kepada Masyarakat

 ◦Memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki untuk ikut serta dalam menyelesaikan problem-problem yang dihadapi oleh masyarakat (termasuk industri dan pemerintah).

 4. Manajemen

 ◦Pengelolaan institusi dilakukan dengan memperhatikan prinsip-prinsip Tata Pamong yang Baik (Transparansi, Akuntabilitas, Bertanggung jawab, Mandiri, dan Berkeadilan).

 ◦Menciptakan suasana yang kondusif dan memberikan dukungan sepenuhnya kepada mahasiswa, dosen, pegawai untuk dapat mengembangkan diri dan memberikan kontribusi maksimal pada masyarakat, industri, ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

 ◦Mengembangkan jejaring untuk dapat bersinergi dengan perguruan tinggi, industri, masyarakat, dan pemerintah dalam menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

 Tata Nilai

1.Etika dan Integritas (Ethics and Integrity): dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara, maupun menjalankan profesinya, selalu berpegang teguh pada norma-norma dan peraturan-peraturan yang berlaku di masyarakat, negara, dan agama.

 2.Kreativitas dan inovasi (Creativity and Innovation): selalu mencari ide-ide baru untuk menghasilkan inovasi dalam menjalankan tugas/perannya dengan lebih baik.

 3.Ekselensi (Excellence): berusaha secara maksimal untuk mencapai hasil yang sempurna.

 4.Kepemimpinan yang kuat (Leadership): menunjukkan perilaku yang visioner, kreatif, inovatif, pekerja keras, berani melakukan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik, dan bertanggung jawab.

 5.Sinergi (Synergy): bekerja sama untuk dapat memanfaatkan semaksimal mungkin potensi yang dimiliki.

 6.Kebersamaan Sosial dan Tanggung Jawab Sosial (Socio-cohesiveness and Social Responsibility): menjaga kerukunan dan peduli terhadap masyarakat sekitar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>